Sunday, October 6, 2013

TEMPERAMEN YANG DISEMPURNAKAN

TEMPERAMEN YANG DISEMPURNAKAN
Pdp. Yohanes Sigit, S.Th.

Pembacaan Alkitab :
2 Korintus 5:17  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Kekuatan temperamen :
·         Sanguin : menikmati hidup, optimis, ramah, belas kasihan
·         Kolerik : memiliki kemauan keras, praktis, bisa memimpin, optimis
·         Melankolik : peka, perfeksionis, sahabat yg setia, memiliki hati yang rela berkorban
·         Flegmatik : jenaka, dapat diandalkan, efisien.

Kelemahan temperamen :
·         Sanguin : gelisah, berkemauan lemah, egoistis, tidak stabil secara emosi.
·         Kolerik : pemarah, kejam, gegabah, puas diri.
·         Melankolik : berpusat pada diri sendiri, pesimistis, pemurung, pendendam
·         Flegmatik : lambat dan malas, pengusik, egois dan keras kepala, ragu-ragu

Temperamen yg dipenuhi Roh :
Galatia 5:22-25
22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Tandanya :
24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Komitmennya :
25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

TEMPERAMEN YANG DIPULIHKAN

SANGUIN
PETRUS (BERSAHABAT DAN PELUPA)
Temperamen Petrus si Sanguin yang paling dominan adalah cepat berbicara dan cenderung membual—baca
Matius  26:33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak."
Matius  26:35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lain pun berkata demikian juga.

TEGURAN TUHAN :
Matius  16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

PETRUS TIDAK KONSISTEN DENGAN PERKATAANNYA :
Matius  26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu.
Matius  26:74 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.

PELAJARAN :
Yakobus  1:19 Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

KOLERIS
PAULUS (EGOSENTRIS DAN KERAS KEPALA)
Kisah Para Rasul  8:3 Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.

TEGURAN TUHAN :
Kisah Para Rasul  9:4, 5  Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
Kisah Para Rasul  9:8 Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.

PAULUS DIPULIHKAN:
Kisah Para Rasul  9:28 Dan Saulus tetap bersama-sama dengan mereka di Yerusalem, dan dengan keberanian mengajar dalam nama Tuhan.

PELAJARAN  :
Filipi  3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

MELANKOLIS
MUSA (PERFEKSIONIS DAN PESIMIS)
CARA BERPIKIR MUSA :
Keluaran  3:13 Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? -- apakah yang harus kujawab kepada mereka?"
Keluaran  4:1 Lalu sahut Musa: "Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku, melainkan berkata: TUHAN tidak menampakkan diri kepadamu?"

ALASAN MUSA :
Keluaran  4:10 Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."
Keluaran  4:13 Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."

PELAJARAN  :
Kel. 4:14 Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa dan Ia berfirman: "Bukankah di situ Harun, orang Lewi itu, kakakmu? Aku tahu, bahwa ia pandai bicara; lagipula ia telah berangkat menjumpai engkau, dan apabila ia melihat engkau, ia akan bersukacita dalam hatinya.
4:15 Maka engkau harus berbicara kepadanya dan menaruh perkataan itu ke dalam mulutnya; Aku akan menyertai lidahmu dan lidahnya dan mengajarkan kepada kamu apa yang harus kamu lakukan.
4:16 Ia harus berbicara bagimu kepada bangsa itu, dengan demikian ia akan menjadi penyambung lidahmu dan engkau akan menjadi seperti Allah baginya.

PLEGMATIS
ABRAHAM (PENDAMAI DAN LAMBAT)
CARA BERPIKIR MUSA  :
Kej. 13:9 Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."

AKIBAT SIKAP MUSA :
Kejadian  13:13 Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN.

SIKAP TAWAR MENAWAR  :
Bacalah dari Kej. 18:1-33
Kej. 18:32 Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."
18:33 Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya.

PELAJARAN :
Lukas  4:12 Yesus menjawabnya, kata-Nya: "Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
Yakobus  5:12 Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.. A M I N


2 KOR. 5:17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

-Amen-


1 comment:

  1. yuk bergabung bersama kami di sini
    permainan tebak angka
    http://www.togelpelangi.com/

    ReplyDelete