Thursday, May 23, 2013

RAJA DALAM KEHIDUPAN



RAJA DALAM KEHIDUPAN
Pdp. Yohanes Sigit, S.Th.

Dasar Firman Tuhan :
Kolose  3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

  I.     KEINGINAN AWAL ALLAH : KERAJAAN THEOKRASI
a.  Ketika Allah menciptakan segala sesuatu, Ia menjadikan alam semesta yang rapi dan teratur. Setelah manusia diciptakan dan berlipat ganda ke seluruh bumi, Allah menetapkan pemerintahan untuk semua masyarakat dan bangsa.
I. Teokrasi di Padang Belantara – Kerajaan Imam
·         Setelah Tuhan menyelamatkan umat-Nya dari perbudakan di Mesir, Ia membawa mereka ke Gunung Sinai, di mana Ia mengatur dan menyusun mereka menjadi suatu bangsa.
·         la menjadikan mereka suatu "kerajaan imam" (Kel. 19:6) dengan Dia sendiri sebagai penguasa mereka.
o   19:6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."
II. Teokrasi di Kanaan – Jaman hakim
·         Ketika umat Israel menaklukkan tanah Kanaan dan menetap di sana, maka perubahan-perubahan terjadi dalam pemerintahan.mereka.
·         Mereka tidak lagi menjadi suku pengembara di padang gurun; sekarang mereka tinggal di kota-kota.
·         Masa peralihan ini tidak mengubah struktur pemerintahan Israel, tetapi mengubah tugas-tugas para hakim dan cara pemilihan mereka.
·         Para hakim diserahi tanggung jawab untuk menjalankan pemerintahan atas kota-kota tempat kediaman mereka (bdg. Bil. 21:25, 32; Hak. 8:6, 14, 16).

II.     KEINGINAN UMAT ISRAEL : KERAJAAN DINASTI
a.  Raja itu dipilih baik oleh Allah (I Sam. 9:15-16),
1Sam. 9:15 Tetapi TUHAN telah menyatakan kepada Samuel, sehari sebelum kedatangan Saul, demikian:
9:16 "Besok kira-kira waktu ini Aku akan menyuruh kepadamu seorang laki-laki dari tanah Benyamin; engkau akan mengurapi dia menjadi raja atas umat-Ku Israel dan ia akan menyelamatkan umat-Ku dari tangan orang Filistin. Sebab Aku telah memperhatikan sengsara umat-Ku itu, karena teriakannya telah sampai kepada-Ku."
b.  Raja itu dipilih maupun oleh umat itu (I Sam. 11:15).
1Sam. 11:15 Lalu pergilah seluruh bangsa itu ke Gilgal dan menjadikan Saul raja di sana di hadapan TUHAN di Gilgal, dan mereka mempersembahkan di sana korban keselamatan di hadapan TUHAN, dan bersukarialah di sana Saul dan semua orang Israel dengan sangat.

c.  Tuhan menyetujui permintaan mereka, tetapi la menubuatkan hukuman terhadap mereka. Akhirnya, raja akan menindas umat itu melalui pemungutan pajak yang berat dan mewajibkan rakyat untuk bekerja padanya dan mewajibkan mereka untuk menjadi tentaranya (lih. I Sam. 8:9-18).
1Sam. 8:9 Oleh sebab itu dengarkanlah permintaan mereka, hanya peringatkanlah mereka dengan sungguh-sungguh dan beritahukanlah kepada mereka apa yang menjadi hak raja yang akan memerintah mereka."
8:10 Dan Samuel menyampaikan segala firman TUHAN kepada bangsa itu, yang meminta seorang raja kepadanya,
8:11 katanya: "Inilah yang menjadi hak raja yang akan memerintah kamu itu: anak-anakmu laki-laki akan diambilnya dan dipekerjakannya pada keretanya dan pada kudanya, dan mereka akan berlari di depan keretanya;
8:12 ia akan menjadikan mereka kepala pasukan seribu dan kepala pasukan lima puluh; mereka akan membajak ladangnya dan mengerjakan penuaian baginya; senjata-senjatanya dan perkakas keretanya akan dibuat mereka.
8:13 Anak-anakmu perempuan akan diambilnya sebagai juru campur rempah-rempah, juru masak dan juru makanan.
8:14 Selanjutnya dari ladangmu, kebun anggurmu dan kebun zaitunmu akan diambilnya yang paling baik dan akan diberikannya kepada pegawai-pegawainya;
8:15 dari gandummu dan hasil kebun anggurmu akan diambilnya sepersepuluh dan akan diberikannya kepada pegawai-pegawai istananya dan kepada pegawai-pegawainya yang lain.
8:16 Budak-budakmu laki-laki dan budak-budakmu perempuan, ternakmu yang terbaik dan keledai-keledaimu akan diambilnya dan dipakainya untuk pekerjaannya.
8:17 Dari kambing dombamu akan diambilnya sepersepuluh, dan kamu sendiri akan menjadi budaknya.
8:18 Pada waktu itu kamu akan berteriak karena rajamu yang kamu pilih itu, tetapi TUHAN tidak akan menjawab kamu pada waktu itu."

III.     KEINGINAN ALLAH : ALLAH MEMERINTAH DI DALAM KEHIDUPAN UMATNYA SECARA ROHANI (kembali ke Rencana Allah yaitu Theokrasi).
PERMOHONAN DOA UMAT TUHAN (setiap hari)
DOA BAPA KAMI :
Matius  6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
·         Di bumi SEPERTI DI SORGA
·         Suasana kerajaan sorga ada di bumi
·         Penguasa adalah Raja sorga
Matius  6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]
·         Masa depan umat Tuhan berada di kerajaanNya.

PRIORITAS HIDUP :
Matius  6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

·         Prioritas pencarian dalam hidup adalah :
o   Suasana kerajaan Allah, dan
o   Pimpinan Roh Allah
è Bukan tambahannya


KERAJAAN SORGA ADALAH TEMPAT TUJUAN AKHIR
Matius  7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
                             II.     Seruan “Tuhan, Tuhan !” (perkataan) tidak jaminan merupakan tanda/cirikhas  warga kerajaan sorga.
                            III.     Tanda terpenting sebagai anggota kerajaan sorga adalah menjadi pelaku kehendak Bapa.


Matius  8:11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,

ISI BERITA PENGINJILAN (OUTREACH)
Matius  10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

LINGKUP KEHIDUPAN MANUSIA ADALAH : HAL KERAJAAN SORGA
§  Matius  13:24 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.


§  Matius  13:31 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya.


§  Matius  13:33 Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."

APA YANG TERJADI DI DUNIA (BUMI) BERHUBUNGAN DENGAN SORGA
Matius  16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

IV.     KESIMPULAN
1.  ALLAH MEMERINTAH DI DALAM KEHIDUPAN UMATNYA SECARA ROHANI
a.  SUASANA bumi harus SEPERTI DI SORGA
b.  Penguasa hidup kita harus Raja yang memerintah sorga
c.  Masa depan umat Tuhan bertempat di kerajaanNya.
2.  Prioritas pencarian dalam hidup adalah :
a.  Suasana kerajaan Allah, dan
b.  Pimpinan Roh Allah
3.  TANDA/SIMBOL ANAK TUHAN “
a.  Seruan “Tuhan, Tuhan !” (perkataan) tidak jaminan merupakan tanda/cirikhas  warga kerajaan sorga.
b.  Tanda terpenting sebagai anggota kerajaan sorga adalah menjadi pelaku kehendak Bapa.
c.  Bukan tambahannya
4.  Berita Injil berisi : Kerajaan Sorga sudah dekat.
5.  LINGKUP KEHIDUPAN MANUSIA ADALAH : HAL KERAJAAN SORGA
6.  APA YANG TERJADI DI DUNIA (BUMI) BERHUBUNGAN DENGAN SORGA

A M I N

1 comment:

  1. yuk bergabung bersama kami di sini
    permainan tebak angka
    http://www.togelpelangi.com/

    ReplyDelete